MUARA ENIM – Pemerintah Kabupaten Muara Enim terus berupaya melakukan penguatan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!).
Penjabat (Pj) Sekda Muara Enim Drs H Emran Tabrani MSi, mengatakan keseriusan pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Kab. Muara Enim ini ditunjukkan dengan berbagai macam inovasi.
“Diantaranya kami menyelenggarakan Lapor! Goes To Campuss yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Kemenpan RB) di Universitas Sriwijaya (unsri) beberapa waktu lalu,”kata Emran saat membuka Sosialisasi Rencana Aksi dan Road Map SP4N Lapor Tahun 2021-2022 serta Monev Pengelolaan Pengaduan Tahun 2021 Provinsi Sumatra Selatan.
Adapun kegiatan sosialisasi turut dihadiri Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Sumsel Dedi Sipriyanto, Sekretaris Komisi 1 DPRD Sumsel H Chairul S Matdiah, Para Anggota Komisi 1 DPRD Sumsel, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Para Staf Diskominfo Provinsi Sumsel, Para Kepala OPD lingkup Kabupaten Muara Enim.
Diungkapkan Emran, Kabupaten Muara Enim sudah terhubung dengan SP4N Lapor sejak 2017 yang merupakan bentuk integritas dari pada Sistem Pelayanan Informasi dan Keluhan Masyarakat (SPIKM) tahun 2013 silam.
Bahkan tahun 2020 lalu, Pemkab Muara Enim berhasil meraih Top 46 kategori instansi pemerintah dalam Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik di Indonesia. “Tentunya hal ini tidak menjadikan kita berpuas diri akan tetapi momotivasi diri untuk menjadi lebih baik lagi, untuk itu kepada seluruh peserta sosialisasi hari ini saya himbau dapat memanfaatkan secara optimal materi yang didapatkan,”tegas Pj Sekda.
Sementara ketua komisi 1 DPRD Sumsel Antoni Yuzar, mengatakan sosialisasi Rencana Aksi dan Road Map SP4N Lapor Tahun 2021-2022 serta Monev Pengelolaan Pengaduan menindaklanjuti surat Menteri Dalam Negeri Nomor 490/2645/SJ.
Dalam sambutanya, Ketua Komisi 1 DPRD Sumsel Antoni Yuzar, mengatakan terpilihnya Muara Enim sebagai tuan rumah Sosialisasi Rencana Aksi dan Road Map SP4N Lapor ini dikarenakan pengelolaan SP4N Lapor di Muara Enim mendapati pengakuan secara nasional.
“Kabupaten Muara Enim merupakan salah satu Instansi terbaik yang telah mendapatkan penghargaan di tingkat nasional terkait pelaksanaan pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Indonesia,” tuturnya. (en)