Melalui Praktisi Dunia Kerja Mengajar, SMK Ini Akan Ciptakan Lulusan Siap Masuk Kerja

ONLINE KITE – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Lahat  kembali melakukan kegiatan Praktisi dunia kerja mengajar tahun 2023, Selasa 10 September 2023.

Kepala SMK N 2 Lahat, Saipul Efendi MPd menyebutkan Praktisi mengajar ini bertujuan untuk mengetahui tentang perancangan dan pengembangan produk secara nyata terutama bagi siswa SMKN 2 Lahat di jurusan tata boga, sehingga menjadikan lulusan SMK lebih siap untuk masuk kedunia kerja.

Program ini mendorong kolaborasi aktif praktisi ahli dengan Siswa SMK agar tercipta pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam dan bermakna.

Saipul Efendi  mengatakan kesiapan dan kematangan kompetesni lulusan SMKN 2 Lagat akan di tempa berbagai aktivitas salah satunya dengan praktisi mengajar ini akan menjadi bekal untuk mendukung para lulusan SMKN 2 Lahat untuk bekerja maupun berwirausaha.

“Melalui Skema Pemadanan Dukungan (matching fund) kami mewajibkan agar kolaborasi antara SMKN 2 Lahat dan DUDI menghasilkan dukungan berupa aspek pengembangan Tefa yang terintegrasi mekanisme pembelajaran yang mencakup kurilulum yang disusun bersama dengan DUDI,”ucapnya.

Selain itu Kepala Sekolah SMKN 2 Lahat mendukung penuh kegiatan Praktisi dunia kerja ini, harapannya kedekatan SMKN 2 Lahat dan DUDI Menjadi Ekosistem yang saling mendukung pembangunan ekonomi di Indonesia.

“ Harapan saya Siswa SMK N 2 Lahat  untuk terus meningkatkan komptensi dan mengembangkan jiwa entrepreneurship agar selaras dengan kebutuhan dan perkembangan zaman,”bebernya.

“Dengan melibatkan praktisi dunia kerja dalam proses pembelajaran, SMK dapat lebih baik mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan dan tuntutan dunia kerja yang sebenarnya. Selain itu, hal ini juga dapat membantu mengurangi kesenjangan antara lulusan SMK dengan kebutuhan industri” ujarnya. (*)