Lahat  

Melalui Aplikasi CEKAT Permudah Sekolah dalam Memberikan Informasi

LAHAT.ONLINEKITE.CO.ID – Era digitalisasi menjada wahana dalam mengakses teknologi digital di satuan pendidikan Kabupaten Lahat. Bahkan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lahat telah membuat sebuah aplikasi Cahaya Edukasi Lahat (CEKAT) untuk mempermudah seluruh sekolah baik di tingkat PAUD, SD sampai dengan SMP Kabupaten Lahat dalam memberikan informasi sekolah langsung terhubung ke server Dinas Pendidikan Lahat.

Bahkan, sekolah dari wilayah yang jauh tidak repot lagi jauh – jauh mendatangi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lahat. Karena cukup memberikan laporan maupun informasi lewat aplikasi CEKAT.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat, Drs H Suhirdin MM melalui Kasubag Analis, Perencanaan, Keuangan dan ADM, Hasperi Susanto MPd mengatakan, aplikasi CEKAT sangat banyak manfaatnya bagi sekolah. Bahkan, sekolah dari wilayah jauh tidak lagi jauh jauh datang ke kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lahat, karena cukup memberikan laporan maupun informasi lewat aplikasi CEKAT.

“Jadi laporan sekolah maupun informasi sekolah langsung bisa di kirim ke aplikasi CEKAT yang sudah terhubung satu pintu di masing-masing bidang yang ada di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat. Oleh karena itulah, sekolah bisa terbantu dengan hadirnya aplikasi ini,”kata Hasperi kepada media ini, Kamis 13 Oktober 2022.

Ditegaskan oleh Hasperi, aplikasi CEKAT merupakan salah satu terobosan terbaru yang di kembangkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat sebagai pengembangan zaman era digitalisasi.

“Sebagai buktinya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat telah menerapkan aplikasi ini ke satuan pendidikan mulai dari PAUD, SD sampai dengan SMP. Sehingga membantu para guru untuk tidak gagap teknologi (gaptek),”ucap pria yang dalam waktu dekat ini akan menyandang gelar doktor dengan IPK sempurna itu. (End)