Bupati Kurniawan Ingatkan Kearifan Lokal Jangan Sampai Pudar

MUARA ENIM.ONLINEKITE – Hamparan sawah terbentang dan padi menguning menyambut kedatangan Pj Bupati Muara Enim Kurniawan, saat mengikuti kegiatan Panen Raya Padi Sawah IP 200 di Desa Karang Raja, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumsel.

Kegiatan panen raya tersebut bertepatan dengan Tradisi Melemang yang setiap tahun rutin diselenggarakan masyarakat Desa Karang Raja, untuk menyambut peringatan 10 Muharram 1444 Hijriah atau Hari Asyura.

Pj Bupati Kurniawan mengapresiasi seluruh masyarakat khususnya para petani yang telah bekerja keras dan berdedikasi mendukung ketahanan pangan daerah. Kemudian, dirinya menyampaikan selamat Tahun Baru Islam dan juga Hari Asyura 10 Muharram 1444 Hijriah yang disyukuri lewat tradisi melemang.

“Saya mengingatkan agar tradisi tersebut menjadi kearifan lokal dan tidak pudar kepada generasi berikutnya,” pesan Kurniawan.

Pada kesempatan itu, Kurniawan turut menyerahkan bantuan untuk anak yatim serta sejumlah peralatan yakni hand traktor, bibit benih padi dan jagung.(en)