SMPN 3 Lahat, Satu satunya Sekolah di Kabupaten Lahat yang Menerapkan Ujian Siswa Melalui Sistem CAT

ONLINEKITE.CO.ID – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Lahat kembali membuat terobosan baru dalam melakukan pelaksanaan ujian kepada seluruh siswa/i nya. Kali ini melalui tangan dingin dari seorang Andi Irawan SPd selaku Kepala SMPN 3 Lahat, yang siap menjadikan SMPN 3 Lahat sebagai pilot project di Kabupaten Lahat.

Dimana, tahun ini SMPN 3 Lahat akan menerapkan ujian dalam sistem Komputer Assisted Test (CAT) yang jika dikatakan bahwa SMPN 3 Lahat merupakan sekolah satu-satunya di Kabupaten Lahat yang menerapkan program tersebut.

“Tahun ini akan kita mulai. Dimana kegiatan ujian yang akan diikuti siswa SMPN 3 Lahat menerapkan CAT, seperti ujian atau tes yang diterapkan oleh BKN dalam menjaring ASN. Namun bagi SMPN 3 Lahat baik itu nilai, nama, nomor sudah terkoneksi. Bahkan nilainya pun bisa keluar hari itu juga,”ujar Andi Irawan, Sabtu 2 Maret 2024.

Dijelaskan Andi Irawan, untuk aplikasi yang digunakan dalam ujian bentuk CAT itu, pihaknya sudah menyiapkankannya bahkan pihak sekolah sudah siap 100 persen untuk menggelar ujian dalam sistem CAT. Karena itulah, pihak sekolah sudah menyiapkan dua ruangan multimedia yang dilengkapi dengan komputer berbasis tinggi.

“Seluruh aplikasi yang terhubung untuk ujian sistem CAT sudah siap, tinggal kita melaksanakannya. Bahkan sebelum pelaksanaan, tentunya terlebih dahulu akan kita lakukan simulasi bagi siswa/i SMPN 3 Lahat,”ucapnya.

Untuk soal sendiri, kata Andi Irawan, pihaknya akan meminta soal ke MKKS yang merupakan pihak pembuat soal. “Soal ujian sistem CAT ini bukan pihak sekolah yang membuatnya, namun soal akan dibuatkan oleh pihak MKKS SMP,”jelasnya.

Ditambahkan olehnya, dengan diterapkannya ujian sistem CAT, tentunya pihak sekolah dapat mempermudah mengkoreksi nilai, serta pihak sekolah juga dapat mengikuti trand  dunia digital.

“Kita doakan saja, ujian siswa yang melalui sistem CAT yang akan kita lakukan tahun ini bisa berjalan lancar tanpa ada kendala apapun. Dan juga untuk penjadwalannya sendiri nanti akan dilakukan per sesi”bebernya. (End)