Pj Bupati Tinjau Pelayanan KB di RSIA KIM, Seperti ini Pesan Bupati

ONLINEKITE.CO.ID – Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim, Ahmad Rizali meninjau Pelayanan KB di Rumah Sakit Ibu dan anak (RSIA) Kurnia Indah Medika (KIM) Islamic Centre Muara Enim, Kamis (23/11/2023).

Peninjauan tersebut dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) KB Kesehatan 2023.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Muara Enim H.Rinaldo mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan efisiensi serta komitmen stakeholder, provider medis, mitra kerja dan masyarakat akan pentingnya perencanaan keluarga dengan berbagai pilihan metode kontrasepsi yang ada melalui pelayanan fasilitas kesehatan yang tersebar hingga ke pelosok desa.

Melalui tema “Dengan Ber-KB Ibu Sehat, Keluarga Sejahtera, Sumsel Maju” kegiatan ini memiliki target capaian pelayanan KB dalam rangka Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan 2023 sebanyak 3.050 orang peserta yang mana, dikatakan oleh Ka DPPKB untuk di RSIA KIM tadi melayani sebanyak 56 orang peserta.

Menyambut baik kegiatan ini, Pj Bupati Muara Enim memberikan apresiasi kepada DPPKB Muara Enim yang telah menginisiasi sehingga terselenggaranya kegiatan KB dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan 2023 ini dengan baik.

Dirinya menilai, program KB ini merupakan salah satu program yang sangat penting dalam upaya mengontrol jumlah penduduk melalui number of birth (angka kelahiran) dengan penggunaan berbagai macam alat kontrasepsi yang tentunya aman untuk digunakan.

“Untuk itu, saya berpesan kepada para tenaga medis terkait untuk aktif mengedukasi maupun memperluas jangkauan layanan, sehinga menarik minat masyarakat untuk ber-KB atau merencanakan program kehamilannya sehingga pertumbuhan penduduk dapat terkendali dan pada akhirnya terciptanya kualitas keluarga dan masyarakat yang berkualitas,” ujarnya. (end)