Sebelum Beli, Cermati Dulu 7 Masalah yang Terjadi pada iPhone 15

ONLINE KITE – Ada setidaknya 7 masalah yang sering terjadi pada iPhone 15. Masalah-masalah ini dirangkum dari beberapa keluhan pengguna yang sudah membeli produk terbaru perusahaan iPhone tersebut.

Seperti diketahui, iPhone 15 sudah dirilis secara global pada 12 September 2023 lalu. Saat ini, produk tersebut sudah dijual di beberapa negara, termasuk Inggris dan Jepang.

Sementara di Indonesia, iPhone 15 diprediksi akan datang akhir bulan ini atau pertengahan bulan November 2023. Tapi sebelum kamu memutuskan untuk ikut pre order, ada baiknya kamu simak keluhan dari pengguna iPhone 15 di beberapa negara dunia berikut ini.

Sebab banyak pengguna iPhone 15 yang ternyata mengeluhkan masalah di produk terbaru perusahaan Apple tersebut.

7 Masalah yang sering terjadi pada iPhone 15 seperti dikutip dari 91mobiles:

1. Gampang panas

Salah satu keluhan yang muncul dari pengguna menyebut bahwa iPhone 15 memiliki panas berlebih. Bahkan dalam tugas-tugas intensif, suhu bisa mencapai 40 derajat Celcius.

Tantu angka ini membuat ponsel tersebut terasa sangat panas apabila dipegang. Apple mengatakan ini adalah masalah iOS dan akan diperbaiki pada pembaruan mendatang.

Selain itu, beberapa pengguna juga mengeluhkan masalah pemanasan iPhone 15 saat bermain game kelas atas, panggilan Facetime, dan perekaman video 4K.

2. Baterai cepat habis

Kalau keluhan yang satu ini datang dari pengguna iPhone 15 pro. Ia mengatakan seri ponsel ini memiliki baterai yang cepat habis.

Ada kemungkinan, pengguna tersebut belum melakukan beberapa setting yang diperlukan. Sebab sebelum menggunakan iPhone 15 Pro, pengguna disebut harus menyetting banyak pengaturan dan banyak pelacak serta aktivitas latar belakang yang harus dijalankan.

Selain itu, baterai lithium-ion mungkin memerlukan beberapa siklus pengisian daya untuk menyesuaikan dengan kasus penggunaan. Jadi, berikan waktu sebelum mengambil kesimpulan apa pun.

3. Dilaporkan kasus baterai hamil

iPhone 15 Pro tidak hanya memanas, tetapi juga membengkak bagi sebagian pengguna, mungkin karena panas yang tertahan di dalamnya.

Selain itu akibat overheating, iPhone 15 Pro Max disinyalir mengalami throttle. Hal ini ditemukan oleh YouTuber Chris dari saluran TechTablets.

Ia mengatakan bahwa iPhone 15 Pro Max miliknya kehilangan kapasitas baterai 25% hanya dalam waktu pemakaian 3 menit saja.

Saya dapat mengonfirmasi bahwa perlambatan iPhone 15 Pro Max A7 Pro buruk. Apple perlu mendinginkan chipset ini dengan benar, hanya diperlukan 2 menit untuk kehilangan hampir 25% kinerja hingga turun menjadi hampir 34% setelah 20 menit beban GPU. Dan ya, skor ini luar biasa untuk sebuah chipset seluler,” katanya.

Bisa jadi chip super kuat di iPhone ini menghasilkan banyak panas dan sistem mencoba mengendalikannya melalui pembatasan.

4. Lemot?

Kasus lemot ini mungkin terkait dengan pemanasan dan pelambatan yang dikeluhkan oleh pengguna.  Memang, beberapa barang elektronik akan menurun kinerjanya ketika  dalam keadaan panas.

5. Bug saat pertama dinyalakan

Beberapa pengguna yang mencoba mentransfer data pada saat proses pengaturan iPhone 15 dihadapkan pada boot loop di layar logo Apple.

Itu artinya saat pengguna menyalakan iPhone 15, akan muncul logo Apple dalam waktu yang cukup lama. Ini menimbulkan kepanikan.

Apple telah meluncurkan pembaruan iOS 17.0.2 untuk memperbaiki bug ini dan saran Suara.com, kamu tidak boleh melewatkan pembaruan ini. Unduh saja saat diminta pada saat pengaturan iPhone baru.

Jika Anda masih terjebak dalam bootloop, ikuti panduan dari Apple ini untuk mengatur ulang perangkat dan mengaturnya secara normal.

6. Lemah dan gampang rusak

iPhone 15 Pro Max dilaporkan lemah dan gampang rusak. Kaca belakang iPhone 15 Pro Max mudah pecah dalam uji ketahanan JerryRigEverything hanya dengan tangannya.

Sebagai bagian dari pengujiannya, dia membengkokkan iPhone dan iPhone itu pecah dalam hitungan detik. Ia bertanya-tanya apakah ini ada hubungannya dengan perbedaan kekuatan tarik antara komponen Titanium dan Aluminium yang digunakan pada sasis.

Sementara itu, iPhone 15 Pro, iPhone 15, dan iPhone 15 Plus bertahan dalam pengujian yang sama dengan sangat baik.

7. Masalah QC yang buruk

Beberapa unit iPhone 15 Pro dilaporkan mengalami ketidakselarasan tampilan, kotoran pada lensa kamera, goresan pada layar dan tanda-tanda kerusakan di berbagai area, terdapat laporan adanya gelembung dan kotak yang berubah warna.

Hal ini terjadi untuk unit yang ditujukan untuk pasar AS, Tiongkok, dan UE. Apple tampaknya harus menaikan standar QC nya.

Itulah tujuh masalah yang sering terjadi pada iPhone 15 yang perlu kamu tahu sebelum memutuskan untuk pre order unitnya. (*)