Lahat  

LBH Lahat Kerjasama dengan SMKN 1 Lahat Gelar Penyuluhan Hukum Bagi Siswa SMKN 1 Lahat

LAHAT – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Lahat, melakukan penyuluhan di beberapa sekolah, salah satunya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Lahat yang digelar di Aula SMKN 1 Lahat.

Safari penyuluhan BPHN mengusung tema
“Mencegah Kenakalan dan Kriminalitas Anak dengan memahami nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari”. Kegiatan penyuluhan ini, bertujuan untuk menyukseskan program BPHN mengasuh Kementrian Hukum dan Ham RI, dan diikuti siswa, Dewan Guru dan Staf TU SMKN 1 Lahat.

Kepala sekolah SMKN 1 Lahat Misniati, S.Pd., M.Si., dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya oleh penyuluhan Hukum Tim LBH Lahat,
yang telah memberikan materi tentang kenakalan remaja yang sering terjadi sampai saat ini, baik masalah tawuran, pembullyan, Narkoba, pencurian dll.

“Guna mencegah terjadinya kenakalan remaja, semuanya harus bekerjasama satu sama lainnya, baik itu dari pihak sekolah, wali murid, pihak kepolisian dan LBH, guna bisa menjelaskan kepada siswa dampak dari kenakalan remaja dan bahayanya, baik itu orang tuanya, maupun dari anak tersebut,” kata Ibu Misnawati.

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Advokat LBH Lahat Riduan Firdaus mengatakan, bahwa program pembinaan hukum di tiap sekolah dimulai pada 20 maret sampai 14 april 23, durasi pembinaan lebih kurang 120 menit.

“Kemudian, Program BPHN mengasuh, dilatar belakangi keprihatinan terhadap kasus-kasus kriminalitas yang dilakukan oleh anak-anak sekolah dan remaja yang sering terjadi saat ini, oleh karena itu kehadiran BPHN sangatlah penting untuk melakukan program pembinaan hukum kepada anak-anak dan remaja di tiap sekolah, baik itu tingkat SMP sampai SMA,” ungkapnya.

Dia menambahkan, bahwa pada penyuluhan hukum ini, kita jelaskan kepada siswa, tentang bahaya kejahatan dan tindak pidana atau pun kriminalitas kepada siswa, yang saat ini sering terjadi di setiap daerah.

“Tujuan kami disini guna pembekalan hukum kepada siswa dan dampak dari kenakalan remaja,” tutupnya.(*)