Lahat  

Berhasil Berikan Kepastian Jaminan Kesehatan Masyarakat, Bupati Cik Ujang Raih Penghargaan Pelopor UHC AWARD 2023

JAKARTA – Kabupaten Lahat pada hari Selasa 14 Maret 2023 terima Piala Penghargaan Universal Health Coverrage ( UHC) 2023 di terima langsung oleh Bupati Lahat,Cik Ujang SH pada acara penyerahan penghargaan UHC di Balai Sudirman, Jakarta Selatan.

Kabupaten Lahat merupakan salah satu dari 22 Provinsi dan 334 Kabupaten/Kota yang menerima penghargaan UHC dibidang jaminan kesehatan untuk masyarakat.

Bupati Lahat Cik Ujang SH yang hadir didampingi kepala Dinas Kesehatan Taufik M Putra SKM MKes dalam penerimaan penghargaan Universal Health Coverage yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Jenderal Polisi (Purn) Prof Drs H Muhammad Tito Karnavian, mengucapkan rasa syukurnya dengan penerimaan penghargaan ini merupakan salah satu bukti telah mewujudkan komitmennya dalam mendukung kesehatan untuk masyarakat.

” Penghargaan ini wujud nyata komitmen Pemerintah Kabupaten Lahat, dalam mendukung program jaminan kesehatan nasional, terutama bagi seluruh masyarakat Kabupaten Lahat.” kata Cik Ujang.

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Lahat Taufik M Putra SKM MM yang disampaikan oleh Kabid Yankes ubaidillah SKM MKes menerangkan, kabupaten Lahat sudah 98% masyarakatnya dijamin kesehatannya oleh Pemerintah, jaminan kesehatan untuk masyarakat itu melalui BPJS

“untuk di sumatera selatan kabupaten Lahat peraih penghargaan UHC nomor satu, pelaksanaannya mulai dari tahun 2021 sudah 98% masyarakat kabupaten Lahat dijamin kesehatannya oleh Pemerintah,baik itu Pemerintah pusat maupun Pemerintah daerah,” terangnya.

Lebih lanjut diterangkannya, Jaminan kesehatan ini ada yang dibayari oleh Pemkab Lahat, ada yang dibayari oleh perusahaan dan ada juga yang di bayari oleh pemerintah pusat, dan Pada tahun 2022 Pemerintah kabupaten Lahat menjamin kesehatan sebanyak 101 ribu jiwa, Penghargaan ini diberikan kepada Pemerintah yang mencapai target UHC

” Siapa yang BPJS belum aktif silahkan untuk diaktifkan, yang belum punya kartu BPJS silahkan buat dan untuk prosudur silakan datang kedinas kesehatan,” pesannya. (*)